27/09/2020

GELIAT SMK KARAWANG

Knowledge, Skill & Attitude

Walau US On Line di Rumah, SMK TK 2 Mewajibkan Siswa Mengenakan Baju Seragam

Geliat SMK Karawang, – Senin, 23 Maret 2020 sebagian SMK di Karawang melaksanakan Ujian Sekolah (US) serentak. US berbasis on line sebagaimana diinstruksikan Kemdikbud digelar guna mengantisipasi penyebaran COVID-19 di Indonesia.

Ada yang menarik pada pelaksanaan US on line di salah satu SMK swasta di Karawang. Adalah SMK Taruna Karya 2 (TK 2) yang berlokasi di Karang pawitan ini, mewajibkan semua siswa kelas 3 yang mengikuti US untuk mengenakan seragam sekolah. Ini dilakukan agar memberi nuansa dan kesan US seolah-olah berada di sekolah dengan orangtua sebagai pengawas ujiannya. “Tujuannya agar siswa tidak beranggapan sekolah diliburkan” kata Andri Wakasek Kurikulum SMK TK 2.

Aplikasi yang digunakan adalah Google form dengan pertimbangan aplikasi ini sederhana namun cukup menunjang untuk digunakan US on line . “Hasil US pun bisa langsung kami ketahui” Jelas Andri.

Andri menjelaskan bahwa alurnya diawali dengan pendataan nomor Whatsapp (WA) siswa dan orangtua lalu dibuatlah Grup WA siswa dan orangtua,. Grup WA siswa digunakan untuk menginformasikan jadwal dan Grup WA orangtua untuk menginformasikan hal-hal apa saja yang harus dilakukan oleh orangtua siswa selama masa US dan selama siswa belajar di rumah. “Akun dan Kode Token dijaprikan langsung ke siswa dan orangtua” Kata Andri.

Pelaksanaan US on line yang baru pertama kali dilakukan oleh TK 2 ini direspon positif oleh para orangtua, terbukti dari 36 siswa yang mengikuti, para orangtua berpartisipasi aktif dengan mengirimkan foto para anaknya melalui grup WA. “Alhamdulillah, hari pertama US berjalan lancar tanpa kendala dengan angka partisipasi penuh” Kata Redi Pembina OSIS SMK TK 2.