25/10/2020

GELIAT SMK KARAWANG

Knowledge, Skill & Attitude

Tumbuhkan Jiwa Wirausaha Siswa, SMK ITENAS Resmikan Bengkel Sepeda Motor

Geliat SMK Karawang – Senin 05 Oktober 2020 SMK ITENAS (Industri Teknologi Nasional) Karawang secara resmi membuka Bengkel Sepeda Motor berstandar Honda. Ketua Yayasan Baiturrohmah H. Gufron Alghozali didaulat untuk menggunting pita sebagai simbolis mulai dibukanya Bengkel Motor Honda di SMK ITENAS. Selain Kepala Sekolah nampak hadir pula pada pembukaan tersebut perwakilan-perwakilan dari PT. Honda Astra Motor, PT. SPS, Komite Sekolah, dan tamu-tamu undangan lainnya.

“Ini merupakan program Teaching Factory jurusan Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM) di sekolah kami” Kata Ita Sugiono Kepala SMK ITENAS. Dijelaskan pula bahwa Teaching Factory itu kerjasama antara dengan PT. Honda Astra Motor selaku produsen Motor Honda, dan PT. SPS selaku perusahaan yang bergerak di bidang suku cadang Resmi Honda. “Sejak lama Sekolah kami menjadi sekolah binaan kedua perusahaan tersebut” jelas Ita.

Selanjutnya Ita menjelaskan bahwa tujuan dibukanya Bengkel tersebut selain dari program Teaching Factory juga yang paling utama adalah untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan para siswa.”Kelak, diharapkan siswa tak lagi bergantung pada dunia industri sebagai pekerja, namun dengan keterampilan yang dimiliki dalam dunia perbengkelan justru menciptakan lapangan kerja dengan berwirausaha sendiri”Harap Ita.

Bengkel yang dinamakan BENGKEL BERSAMA ITENAS MAJU melayani semua jenis pelayanan Bengkel resmi Honda pada umumnya, dengan peralatan dan fasilitas sesuai standar Honda. Para mekanik yang disiapkan berasal dari siswa jurusan TBSM dengan mengadakan seleksi dan pelatihan terlebih dahulu. Mekanik ahlipun turut disiapkan baik yang berasql dari internql guru sendiri maupun dari luar.

SMK ITENAS yang beralamat di Jalan Raya Pedes Sungaibuntu kecamatan Pedes saat ini memiliki 659 siswa, 35 Tenaga pendidik dan Kependidikan. Adapun jurusan-jurusan yang dimiliki adala Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM), Teknik Komputer Jaringan (TKJ), Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP).