25/10/2020

GELIAT SMK KARAWANG

Knowledge, Skill & Attitude

SMK PGRI 1 Karawang Membuka Unit Produksi Manufacturing

Solusi jitu menghemat cost produksi bagi perusahaan

Geliat SMK Karawang – Salah satu SMK Swasta di Kabupaten Karawang melakukan inovasi yang sangat luar biasa yaitu dengan membuat Unit Produksi yang bergerak di bidang Manufacturing. Ialah SMK PGRI 1 Karawang mempelopori terobosan baru dalam dunia manufacturing di sekolah kejuruan. Sekolah yang berjuluk BASKAR tersebut siap bekerjasama dengan dunia industri manufaktur khususnya dengan mengedepankan kualitas dan sesuai standarisasi yang diperlukan.

H. Edi Karyadi, ST., MT Kepala SMK PGRI 1 kepada Geliat SMK Karawang menjelaskan bahwa Unit produksi SMK PGRI 1 karawang berkomitment memberikan pelayanan terbaik kepada vendor perusahaan yang sudah bermitra dengan sekolah tersebut. Adapun motivasi dari dibuatnya Unit Produksi tersebut adalah untuk lebih meningkatkan keahlian dan kompetensi para siswa, membiasakan para siswa bekerja sesuai dengan harapan dan standarisasi perusahaan. “Slogan SMK BISA SMK HEBAT itu tidak hanya sebatas slogan semata namun kami buktikan dengan hasil karya produksi siswa” Jelas Edi.

Lebih lanjut lagi Edi menjelaskan bahwa Unit Produksi ini dimaksudkan juga untuk memberikan solusi pada perusahaan-perusahaan dalam menghemat cost produksi di tengah pandemi yang melanda. “Mudah-mudahan perusahaan terbantu dan terakomodir oleh Unit Produksi kami” Harap Edi. Memang jika melihat secara langsung Unit Produksi ini sudah sangat layak bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan karena ditunjang dengan peralatan-peralatan yang modern sesuai dengan standarisasi perusahaan, dan tentunya bukan isapan jempol semata bila Unit Produksi ini sangat siap untuk bekerjasama dengan perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur. “Saat ini kami sudah mampu memproduksi baut Hexagonal dan pemotongan pipa untuk silincer” papar Edi. Namun diluar hasil produksi itu kami siap dan mampu memproduksi manufaktur lainnya, sambung Edi.

Unit Produksi SMK PGRI 1 ini sendiri pengerjaannya dilakukan oleh para siswa terpilih dengan pengawasan tiga Guru Produktif, dan tentunya dengan penerapan protokoler Covid-19 dalam pengerjaannya. SMK yang beralamat di Jl. Parahiangan Km 1.1 adiarsa Barat Karawang ini meyakinkan bahwa kelak para alumni sekolah ini akan memiliki skill dan kemampuan yang terdepan dalam hal penguasaan mesin industri terkini. “Bagi industri yang mau menghemat cost produksi bisa bekerjasama dengan unit produksi SMK karawang, kami juga siap melayanai proses manufactur atau pun jasa maintenace repair mesin-mesin industri” pungkas Edi. (soed)