oleh

Punya 6 Gejala ini, Waspada Mungkin Anda Sudah Terjangkit Corona

Geliat SMK Karawang – Virus Corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit karena infeksi virus ini disebut COVID-19. Virus Corona bisa menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan, pneumonia akut, sampai kematian.

Bagi sebagian orang yang sudah terjangkit Corona, terkadang tidak merasakan bahwa dia zedang sakit dan akan menganggap sebagai flu biasa, namun tak sedikit juga yang merasakan gejala-gejala yang tidak biasa. Lantas apa saja gejala yang ditimbulkan dari Corona ini, berikut paparan yang diambil dari berbagai sumber.

1. BATUK
Anda sedang menderita batuk?, maka patut diwaspadai mungkin anda sedang terjangkit Corona. Namun, batuk terinfeksi viruscorona dengan batuk pada umumnya bukanlah sembarang batuk.
dr. William Schaffner seorang Profesor Kedokteran pencegahan dan penyakit menular di Vanderbilt University School of Medicine di Nashville, Tennessee mengatakan, batuk kering akibat terinfeksi virus corona terasa di dada. Tidak terasa gatal di tenggorokan, tidak berdehem, Tidak terasa lelah, dan tidak mengeluarkan apa-apa. Batuknya penderita virus corona seperti menyusahkan, berada dari tulang dada atau strenum dan mengakibatkan iritasi pada saluran bronkial

2. DEMAM
Demam merupakan gejala dari berbagai kondisi dan penyakit. Demam ditandai dengan meningkatnya suhu tubuh lebih dari 38 derajat celcius. Sementara suhu normal berkisar 36,1 hingga 37,2 derajat. Biasanya, demam akan disertai gejala lain akibat kondisi yang mendasarinya. Beberapa di antaranya, semisal sakit kepala, berkeringat, menggigil, lemas, nyeri otot, dan kehilangan nafsu makan.

3. SESAK NAFAS
Virus Corona yang menjangkiti seseorang bisa menyebabkan penderita mengalami sesak napas atau dispnea. 
Dispnea merupakan kondisi di mana seseorang kesulitan untuk bernapas, muncul perasaan seperti tercekik dan dada terasa sempit.

4. SAKIT KEPALA
Olga Kurylenko seorang artis Hollywood dalam unggahan terbarunya di Instagram bercerita mengenai apa yang ia rasakan setelah menderita COVID-19 akibat virus Corona. “Selama satu minggu aku merasa cukup parah dan lebih banyak berada di atas kasur, tidur, dengan panas tinggi dan sakit kepala yang parah,” tuturnya

5. FLU
gejala lain yang meyerupai flu, termasuk sakit kepala, masalah pencernaan, sakit tubuh, dan kelelahan. Terlepas dari semua itu gejala-gejala lain yang bisa menyerupai pilek atau alergi yang muncul, seperti pilek, sakit tenggorokan, dan bersin. 

6. ANOSMIA
para peneliti di American Academy of Otolaryngology-Head and Neck Surgery mengungkapkan bahwq ada gejala anosmia atau indra penciuman berkurang, dan dysgeusia atawa kurang rasa yang diidentifikasi menjadi tanda-tanda seseorang positif virus corona. 

Penderita juga bisa mengalami nyeri otot, sakit kepala, sakit tenggorokan, pilek, diare, mual, dan muntah. Namun, gejala ini jarang terjadi dan tidak khas pada pasien COVID-19.

Pada kasus yang parah, infeksi virus Corona bisa menyebabkan komplikasi yang serius, seperti sindrom gangguan pernapasan akut, pneumonia (infeksi paru) yang berat, edema paru, dan kegagalan fungsi organ-organ tubuh, misalnya ginjal.

Nah demikian tadi gejala-gejala yang mungkin ditimbulkan dari COVID-19 yang dicutat dari berbagai sumber. Menghadapi Virus yang fenomenal ini tentunya tak perlu panik menghadapinya, namun waspada wajib kita lakukan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *