29/11/2020

GELIAT SMK KARAWANG

Knowledge, Skill & Attitude

MANTUL, SMK Bhinneka terapkan pembelajaran DARING, Siasati Siswa belajar di rumah

Surat Menteri Pendidikan Nomor :36362/MPK.A/HK/2020 Perihal Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (COVID- 19) menegaskan bahwa siswa diwajibkan tetap melaksanakan pembelajaran.

Instruksi Mendikbud ini langsung direspon cepat oleh kepala SMK Bhinneka Karawang Eli Chuherli, S.Pd. Pasca menarik siswa yang sedang PRAKERIN, Kepsek yang Hobbi olahraga Bulutangkis tersebut bersama Tim Pengembang Kurikulum sekolah membuat dan menyiapkan formula pembelajaran yang bisa mengakomodir siswa dengan guru melalui sistem DARING (Dalam Jaringan) atau lebih dikenal dengan on line .

Kepada REDAKSI GELIAT SMK KARAWANG Bapak Eli menjelaskan bahwa sebanyak 1035 siswa mulai hari ini melaksanakan pembelajaran di rumah dan tentu saja dengan pengawasan orang tua di rumah. “Minggu pertama materi pembelajaran tentang COVID 19, minggu kedua baru disesuaikan dengan mata pelajaran umum lainnya” jelas Bapak Eli. Saat ditanya bagaimana sistem pengawasan yang dilakukan saat siswa belajar dan meNgerjakan tugas di rumah, dia menjelaskan bahwa saat pembelajaran Daring siswa wajib memfoto kegiatan belajarnya dan mewajibkan orangtua ada di dalam foto tersebut sebagai bukti bahwa orangtua mengawasi anaknya belajar.

Foto siswa sedang nengerjakan tugas sekolah
Foto siswa yang sedang diawasi okeh orangtuanya saat melaksanakan pembelajaran DARING

Selanjutnya Bapak Eli menjelaskan bahwa alur pembelajaran DARING adalah diawali dari pemberitahuan tugas terlebih dahulu melalui Grup whatsapp oleh wali kelas dengan melampirkan link DARING nya. Sedangkan Guru-guru sudah stand by di Lab. Komputer dengan materi yang sudah disiapkan. Absensipun tetap bisa dilaksanakan oleh guru dengan melihat ketersediaan/kehadiran siswa yang aktif di DARING. Selanjutnya tugas yang telah dilaksanakan diunggah oleh siswa dan masuk lalu diolah oleh operator untuk dilaporkan pada guru. Namun keberadaan Para pengajar DARING di sekolah bersifat sementara, karena untuk selanjutnya akan mengajar di rumahnya masing-masing. “Sekarang dan untuk besok bersifat latihan, pengarahan teknis, dan penyelarasan program pembelajaran bagi semua guru, karena nantinya masing-masing guru akan mengajar DARING di rumahnya masing-masing” lebih lanjut Bapak Eli menjelaskan.

Foto guru-guru yang memberikan pembelajaran DARING
Lab. Komputer menjadi MEDIA CENTER PENDIDIKAN SMK Bhinneka
Foto hasil rekap tugas anak yang masuk ke oprator sekolah

“Pembelajaran daring ini sekaligus menjadi sarana penguatan dan pengayaan pengenalan teknologi Informasi dan komunikasi yang sangat berkembang pesat saat ini” ucap Bapak Eli. Dan tidak hanya sebatas itu sekarang tim IT sedang menyiapkan aplikasi Video Conference agar pembelajaran DARING nya bisa bertatap muka langsung antara semua siswa dengan guru pengajar. “Diharapkan siswa SMK Bhinneka dapat meningkatkan kompetensi dalam bidang teknologi dengan pembelajaran DARING ini” pungkas pak eli menutup perbincangan.