29/11/2020

GELIAT SMK KARAWANG

Knowledge, Skill & Attitude

Gunakan Masa “LOCK DOWN COVID 19” Untuk Peningkatan Kualitas dan Kompetensi Guru

Geliat SMK, COVID 19 yang merebak akhir-akhir ini memaksa beberapa negara untuk melakukan Lock Down artinya meniadakan aktivitas di luar rumah dan menghindari kerumunan. Pun di Indonesia lockdown diberlakukan di semua instansi termasuk di instansi pendidikan. UNBK SMK yang seyogyanya akan digelar pada tanggal 16-19 Maret 2020 batal dilaksanakan. Siswa diperintahkan untuk belajar di rumah dengan panduan dari guru guru menggunakan metode pembelajaran berbasis On line.

mengutip dari akun Instagram cadisdikwil4, kepala cabang dinas pendidikan wilayah IV Ai Nurhasan, AP., M.Si menghimbau kepada pengawas dan kepala sekolah se-KCD IV (Karawang, Purwakarta, Subang,) memerintahkan setiap sekolah agar menjalankan poin-poin sebagai berikut:

  1. kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka sementara waktu mulai tanggal 16-29 Maret 2020 ditiadakan dan diganti dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ).
  2. Agar sekolah membuat surat pemberitahuan kepada orang tua/wali siswa tentang pembelajaran jarak jauh serta partisipasi orangtua memastikan putra-putrinya mengikuti pembelajaran jarak jauh.
  3. Agar kepala sekolah menentukan model pembelajaran jarak jauh (online) dengan biaya murah dan jangkauan luas seperti Google classroom, ruangguru, rumah belajar, atau aplikasi lainnya. kepala sekolah memastikan semua guru mampu melakukan pembelajaran jarak jauh serta memberikan bantuan teknis.
  4. pembelajaran jarak jauh dilakukan di jam sekolah bisa perkelas atau gabungan kelas atau gabungan mata pelajaran disesuaikan dengan efektivitas pembelajaran tersebut.
  5. sebelum pembelajaran agar guru menyiapkan RPP dengan memastikan media pembelajaran online dan melaporkan pasca pembelajaran kepada pengawas pembina sesuai dengan form yang disiapkan atau disepakati dengan pengawas
  6. pengawas wajib memastikan semua sekolah tetap buka dan memastikan pembelajaran jarak jauh dilaksanakan. lebih detail tentang pembelajaran jarak jauh agar dituangkan dalam pos PJJ (online) dengan fasilitasi pengawas.

selanjutnya kcd wilayah 4 berharap selama pembelajaran jarak jauh berlangsung guru dan tenaga kependidikan diarahkan untuk meningkatkan kompetensi IT, cakap dan piawai dalam menyusun RPP, bahan evaluasi laporan laporan administrasi guru lainnya, dan RKAS 2020, serta tugas tugas lainnya.

dan di akhir postingan Instagram beliau berpesan dengan hastag stay safe jaga kesehatan selalu, jangan lupa cuci tangan dan salam Sunda. (Dakar)