oleh

Cepat “Jago” Bahasa Inggris, Gunakan Smartphone

-Opini-170 views

Oleh : Rifky Hasbullah Fauzi, S.Pd Kepala SMK JAYABEKA 3

Bahasa Inggris acapkali dianggap sebuah mata pelajaran yang menakutkan bagi sebagian kalangan pelajar. Kurikulum bahasa Inggris yang ditetapkan menuntut siswa untuk memahami/menguasai Grammar, Vocabulary, Tenses, Pronounciation, dan lain sebagainya. Maka tidaklah mengherankan apabila mata pelajaran bahasa Inggris dijudge sebagai mata pelajaran yang sulit. Padahal di satu sisi, era globalisasi saat ini bahasa Inggris seakan menjadi satu kebutuhan agar bisa mengikuti arus zaman.

Perkembangan teknologi yang sangat masif terciptalah sebuah alat komunikasi yang diklaim sebagai inovasi terbaik abad ini. Handphone (HP) yang berbasis android digadang-gadang sebagai alat komunikasi yang bisa membuat pintar penggunanya, maka label smartphone disematkanlah pada alat ini.

Adapun korelasi antara pembelajaran Bahasa Inggris dengan smartphone yaitu terciptanya aplikasi-aplikasi pendukung untuk membuat para penggunanya itu sendiri menjadi pintar. Nah dalam kesempatan ini kami akan mencoba menyajikan ulasan tentang salah satu aplikasi dari sekian banyak aplikasinya serupa yang bisa memfasilitasi penggunanya mahir berbahasa Inggris dengan cepat. Adapun nama aplikasinya adalah U-Dictionary, dan berikut ulasannya.

Tampilan aplikasi U-Dictionary di Play Store

U-Dictionary bukan sekedar aplikasi kamus online/offline, tapi juga aplikasi penerjemah Bahasa Inggris dan media belajar Bahasa Inggris dengan konten yang original. Saat ini U-Dictionary telah mendukung smartphone Android 4.0.0 dan iOS 3.0.0 yang baru saja dirilis tanggal 18 Oktober 2018 lalu, jadi aplikasi ini bisa digunakan di semua smartphone. Adapun kelebihan dari aplikasi ini adalah:

1. Menerjemahkan Gambar dengan menggunakan Kamera

Bagi skill bahasa Inggrisnya pas-pasan, tentunya akan disulitkan ketika ada plang atau keterangan yang tertera. Nah dengan aplikasi ini hal seperti itu sudah bukan jadi kendala lagi. Cukup scan, tanpa perlu repot-repot ngetik ulang, terjemahannya pun langsung muncul dalam bahasa Indonesia.

2. Belajar Bahasa Inggris dari Lockscreen Android

Selain bisa belajar bahasa Inggris pake kamera, dengan menginstall U-Dictionary di Android, kamu bisa belajar bahasa Inggris langsung dari lockscreen smartphone. Jadi setiap kali kamu membuka lockscreen, secara langsung kamu akan disuguhi kosakata bahasa Inggris baru yang bisa dipelajari.

3. Main Game untuk Belajar Bahasa Inggris

Pake U-Dictionary, kamu bisa belajar bahasa Inggris dengan mudah dan seru. Jadi di dalam aplikasi belajar bahasa Inggris ini kamu bisa menambah kosakata baru lewat game yang disediakan di dalamnya.

Ada Synonym Game, Spelling Quiz, dan Words for Today yang bisa kamu mainkan. Keberadaan fitur ini secara gak langsung sangat membantu, karena kamu bisa mempelajari bahasa Inggris secara seru, tanpa merasa dibebani.

4. Baca Artikel Bahasa Inggris!

Untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris, aplikasi ini juga menyediakan artikel yang dikemas dalam bahasa Inggris ragam santai, jadi kita bisa belajar membaca bahasa Inggris dan sekaligus menambah wawasan.

Jika ada bagian artikel bahasa Inggris yang tidak kamu pahami di U-Dictionary, kamu tinggal lakukan selection dan pilih Copy. Secara otomatis U-Dictionary akan menerjemahkan artikelnya untuk kamu. Seru, kan?

5. Menerjemahkan Ucapan Orang

Saat pelesiran terkadang kalau melihat turis bule tentunya kita ungin mengajak ngobrol, namun apa daya terkadang skill conversation yang terbatas kita jadi tak punya keberanian untuk ngobrol dengan bule .Tenang, aplikasi belajar bahasa Inggris U-Dictionary telah dilengkapi dengan fitur Voice Translate yang bisa menerjemahkan per kata atau frase. Jadi cukup dekatkan speaker ke suara pembicara, maka secara otomatis U-Dictionary akan menerjemahkan bahasa Inggris ke bahasa mana pun yang kamu pilih.

6. Berbahasa Inggris Kapan Saja di Mana Saja!

Beda lingkungan, beda cara menggunakan Bahasa Inggris-nya kan? Nah, di update terbaru U-Dictionary, aplikasi penerjemah Bahasa Inggris dan belajar Bahasa Inggris ini semakin pintar karena bisa memenuhi kebutuhan Bahasa Inggris kamu di berbagai skenario berbeda. Misalnya saat belajar, bekerja, atau bepergian ke luar negeri.

Wow keren kan aplikasi ini, jadi ayo segera tingkatkan skill Bahasa Inggris nya dengan cara yang instant dan mudah. Semoga bermanfaat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *